• Bagikan Blog Ini


    FacebookTwitterMore...

  • Site Info

    SEO Stats powered by MyPagerank.Net



  • blog-indonesia.com


    Ping your blog, website, or RSS feed for Free

  • RSS Suara Merdeka

    • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Apa yang tersirat begitu Samar perlu di Ejawantahkan

Berbeda dengan filsafat Barat, yang berakar dari filsafat Yunani (Socrates dkk.), filsafat Jawa tidak mau bersusah payah untuk berusaha menemukan apa kiranya ‘unsur zat terkecil yang tidak bisa dibagi lagi yang membentuk suatu benda’. Bagi orang Jawa semua itu adalah urusan dan pekerjaan ‘Sing Ngecet Lombok’. Bukan tugas manusia memikirkannya.

Jika Plato setelah melalui pemikiran yang mendalam akhirnya memiliki keyakinan bahwa: terdapat kuda sempurna di alam kekal yang menjadi blue-print dari kuda-kuda yang ada dan kita lihat sekarang, maka bagi orang Jawa: yang penting adalah bagaimana merawat kuda dengan baik. Dan untuk menjadi seorang kusir dokar yang terampil kita memang tidak perlu tahu ‘apakah memang benar ada kuda sempurna di alam kekal’.

Filsafat Jawa berbicara tentang hal-hal yang sederhana, namun sangat mendasar dan mendalam. Orang Jawa tidak mau pusing-pusing memikirkan apakah bumi berbentuk bulat ataukah lonjong, tapi yang penting adalah bagaimana manusia menjaga keselarasan (harmoni) dengan alam semesta, dan terlebih lagi dengan sesamanya: ‘uripku aja nganti duwe mungsuh’.

Filsafat Jawa mengajarkan kehidupan yang sederhana, dan menginsyafi bahwa harta benda tidaklah memberikan kebahagiaan yang hakiki: ’sugih durung karuan seneng, ora duwe durung karuan susah’. Meski demikian manusia harus bekerja: ‘urip kudu nyambut gawe’, dan mengetahui kedudukannya di dalam tatanan masyarakat. Manusia Jawa percaya bahwa setiap orang memiliki tempatnya sendiri-sendiri: ‘pipi padha pipi, bokong padha bokong’.

Kebijaksanaan kuno ini bahkan selaras dengan ilmu manajemen modern yang mengajarkan bahwa setiap individu harus memilih profesi yang cocok dengan karakternya. Setelah menemukan bidang profesi yang cocok, hendaknya kita fokus pada bidang tersebut, sebab jika kita tidak fokus akhirnya tak satupun pekerjaan yang terselesaikan:

‘Urip iku pindha wong njajan. Kabeh ora bisa dipangan. Miliha sing bisa kepangan.’

Berikut ini kutipan lengkap salah satu pitutur luhur yang sering disampaikan ki dalang dalam pertunjukan wayang kulit melalui tokoh Petruk:

NGELMU KYAI PETRUK

Kuncung ireng pancal putih

Swarga durung weruh

Neraka durung wanuh

Mung donya sing aku weruh

Uripku aja nganti duwe mungsuh.

Ribang bumi ribang nyawa

Ana beja ana cilaka

Ana urip ana mati.

Precil mijet wohing ranti

Seneng mesti susah

Susah mesti seneng

Aja seneng nek duwe

Aja susah nek ora duwe.

Senenge saklentheng susahe sarendheng

Susah jebule seneng

Seneng jebule susah

Sugih durung karuan seneng

Ora duwe durung karuan susah

Susah seneng ora bisa disawang

Bisane mung dirasakake dhewe.

Kapiran kapirun sapi ora nuntun

Urip aja mung nenuwun

Yen sapimu masuk angin tambanana

Jamune ulekan lombok, bawang

uyah lan kecap

Wetenge wedhakana parutan jahe

Urip kudu nyambut gawe

Pipi ngempong bokong

Iki dhapur sampurnaning wong

Yen ngelak ngombea

Yen ngelih mangana

Yen kesel ngasoa

Yen ngantuk turua.

Pipi padha pipi

Bokong padha bokong

Pipi dudu bokong.

Onde-onde jemblem bakwan

Urip iku pindha wong njajan

Kabeh ora bisa dipangan

Miliha sing bisa kepangan

Mula elinga dhandhanggulane jajan:

Pipis kopyor sanggupira lunga ngaji

Le ngaji nyang be jadah

Gedang goreng iku rewange

Kepethuk si alu-alu

Nunggang dangglem nyengkelit lopis

Utusane tuwan jenang

Arso mbedhah ing mendhut

Rame nggennya bandayudha

Silih ungkih tan ana ngalah sawiji

Patinira kecucuran

Ki Daruna Ni Daruni

Wis ya, aku bali menyang Giri

Aku iki Kyai Petruk ratuning Merapi

Lho ratu kok kadi pak tani?

ucapan mbah semar setiap kali mau mengawali dialog :

Mbegegeg, Ugeg-ugeg, Mel-mel, sak dulito, langgeng…
(diam, bergerak/berusaha, makan, walaupun sedikit, abadi)

maksudnya daripada diam (mbegegeg) lebih baik berusaha untuk lepas (ugeg-ugeg) dan mencari makan (mel-mel) walaupun hasilnya sedikit (sak ndulit) tapi akan terasa abadi (langgeng).

sebuah pesan agar kita selalu bekerja keras untuk mencari nafkah walaupun hasilnya hanya cukup untuk makan namun kepuasan yg didapat krn berusaha tsb akan abadi.

Dirga Hayu ——– Ra Hayu

Tinggalkan komentar